November 14, 2016

Khasiat Buah Manggah Dan Unsur Gizi Untuk Kesehatan

Tags

Unsur Gizi Untuk Kesehatan

Khasiat buah manggah dan unsur gizi :: Buah manggah adalah salah satu jenis buah-buahan yang memiliki banyak penggemar. Rasa daging buah yang umumnya manis dengan tekstur lembut serta menyegarkan ketika dimakan, menjadikan buah ini selalu dicari banyak orang apalagi ketika sedang musimnya.

Dibalik manisnya rasa buah manggah, bagian dari tanaman dengan nama asal manggah ini ternyata dapat memberikan khasiat cukup baik bagi kesehatan tubuh.l tersebut dikarenakan buah manggah mengandung banyak unsur gizi yang sangat baik untuk tubuh.

Unsur Gizi Dalam Buah Manggah

Buah manggah mengandung sejumlah unsur gizi seperti protein, vitamin, mineral, dan lainnya yang dapat membantu memperbaiki kualitas kesehatan serta meningkatkan kekebalan tubuh. Tentu saja khasiat tersebut akan kita dapatkan bila buah manggah ini dikonsumsi secara teratur baik dalam keadaan mentah ataupun matang. Tabel dibawah inimenunjukan nilai kandungan setiap unsur gizi dalam buah manggah baik mentah maupun matang.

Unsur Gizi Untuk Kesehatan

Khasiat Buah Manggah Bagi Tubuh

Berkat kandungan gizi dalam buahnya ini, manggah dapat digolongkan sebagai salah satu tanaman untuk pengobatan. Khasiat buah manggah untuk tubuh antara lain (sumber suaramerdeka.com) :
  1. Buah manggah mengandung anti oksidan seperti quercetin, astragalin, isoquercitrin, fisetin, asam galat, dan methylgallat. Kandungan antioksidan tersebut dapat membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab beberapa jenis kanker aeperti : kanker usus, prostate, leukimia, dan payudara.
  2. Mengkonsumsi buah manggah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini karena buah manggah mengandung serat, vitamin C, dan pectin.
  3. Beberapa senyawa dalam buah manggah dapat menjaga kesehatan kulit, menghilangkan jerawat, dan membersihkan pori-pori.
  4. Vitamin A dala buah manggah memberikan perlindungan kepada mata dari serangan beberapa radikal bebas penyebab penyakit katarak, mata kering dan sebagainya.
  5. mengkonsumsi buah manggah dapat menjaga jumah alkali dalam tubuh tetap stabil karena mengandung asam malat, nitrat, dan tartrat.
  6. Nilai indek glikemik dalam buah manggah relatif rendah dan masih aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes.
  7. Membantu melancarkan pencernaan tubuh dan buang air besar karena buah manggah kaya akan serat.
  8. Selain sejumlah vitamin yang disebutkan pada tabel, buah manggah juga kaya akan kandungan vitamin E. vitamin ini dipercaya dapat meningkatkan performa hubungan dalam suami istri.
  9. buah manggah yang telah dibuat jus dapat berperan sebagai obat panas dalam.
  10. Perpaduan vitamin A dan C serta beberapa unsur karotenoid dalam buah manggah membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Sekian ulasan mengenai khasiat buah manggah dan unsur gizi untuk kesehatan. semoga bermanfaat bagi anda sekalian.


EmoticonEmoticon